Air Terjun Sikulikap di Penatapan Berastagi

Siapa sih yang tidak tahu sebuah tempat yang sudah terkenal di daerah Berastagi kabupaten karo, tempat  orang-orang bersantai menikmati jagung rebus/bakar maupun makanan lainnya, sambil memandang luasnya panorama bukit-bukit hijau Berastagi dan bisa melihat monyet Gibon yang berkeliaran bebas di sekitarnya? Yupp, tempat tersebut biasa disebut Penatapanmerupakan salah satu wisata kuliner yang ada di Berastagi. Penatapan berada di jalan Jamin Ginting Km.54 Berastagi dan hanya memakan waktu 1,5 Jam dari Kota Medan. Tapi, tahukah anda? bahwa ada hal lain dari Wisata Kuliner di Penatapan ini yaitu anda bisa sekaligus melihat indahnya air terjun di bawah penatapan ini.
Air Terjun Sikulikap itulah nama air terjun yang ada di bawah Penatapan tersebut. Air Terjun ini tidak kalah indah dan menarik dari air terjun lain yang ada di Sumatera Utara. Air Terjun Sikulikap terletak di desa Doulu, kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Saya bersama teman Abdul Karim baru pertama kali mengunjungi Air Terjun Sikulikap ini pada tanggal 09 Maret 2014, padahal, kami sudah sering ke Penatapannya. Pintu masuk ke lokasi air terjun ini berada di dekat gerbang/gapura perbatasan Deli Serdang dengan Kabupaten Karo.

Pintu Masuk Air terjun sikulikap

Biar lebih aman dan mudah, sebaiknya kendaraan anda, baik mobil ataupun sepeda motor, diparkirkan saja di Warung-warung jagung yang ada di penatapan tersebut. Yah, disarankan jangan hanya numpang parkir kendaraan saja, sebaiknya anda juga makan atau sekedar minum juga di warung jagung yang dititipkan kendaraan anda. 🙂

Warung Jagung Penatapan

Setelah itu, langsung saja menuju pintu masuk lokasi menuju Air Terjun Sikulikap. Saat saya kesana tidak ada pungutan atau kutipan retribusi/uang masuk sama sekali alias Gratiss. Jarak menuju Air Terjun dari pintu masuk sekitar 1 Km. Anda harus berjalan kaki menelusuri hutan dan menuruni anak-anak tangga untuk sampai ke Air Terjun Sikulikap Ini.

Jalan menuju SikulikapJalan menuju Sikulikap

Saya heran, banyak terdapat tempat istirahat berbentuk kursi yangg terbuat dari batu, namun sudah tidak terurus, alias sudah banyak berlumut. Padahal menurut saya ini merupakan Wisata Alam di kabupaten Karo Sumatera Utara yang menarik untuk dikunjungi.

sumber : http://www.medanwisata.com/2014/03/air-terjun-sikulikap-di-penatapan.html
Iklan
Pos ini dipublikasikan di artikel. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s